PKBM

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan manusia akan ilmu pengetahuan pun semakin meluas. Hal ini berdampak juga pada meluasnya cabang dari ilmu pengetahuan itu sendiri.Kalau pada masa awal adanya sekolah dulu barangkalai kita hanya mengenal SMA sebagai sekolah lanjutan tingkat atas, sekarang ada banyak sekali bidang kejuruan sebagai sekolah lanjutan tingkat atas.

Salah satu sebab berkembangnya cabang dari bidang pendidikan adalah kebutuhan pada keahlian tertentu atau pada tingkat pendidikan tertentu. Sebagai contoh, seseorang yang ingin melamar pada posisi tertentu pada sebuah perusahaan, maka akan dipersyaratkan ijazah atau keahlian yang memang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Pelamar yang telah memiliki ijazah yang dinginkan oleh perusahaan tersebut untuk dapat mencapai jenjang pendidikan tertentu setelah ia melewati jenjang-jenjang pendidikan yang dibawahnya. Nah, untuk melalui jenjang-jenjang pendidikan tadi, tidak semua orang memiliki kesempatan, biaya atau kemampuan yang sama. Disinilah PKBM hadir sebagai solusi dari permasalahan tersebut.
Apa itu PKBM?
Barangkali sebagian kita saat ini masih sangat asing dengan istilah PKBM. PKBM yang merupakan kependekan dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, adalah sebuah lembaga swadaya yang bergerak dibidang pendidikan dengan lingkup kerja Desa atau Kecamatan.
Sebelumnya barangkali masyarakat umum lebih akrab dengan istilah ‘KeJar’ yang merupakan kependekan dari “Kelompok belajar”.Istilah “KeJar” biasanya digabungkan dengan program ujian persamaan yang diselenggarakan, misalnya Kejar Paket A (yang artinya menyelenggarakan ujian Paket A atau ujian setara SD), Kejar Paket B (yang artinya menyelenggarakan ujianPaket B atau setara SMP) dan Kejar Paket C (yang artinya menyelenggarakan ujian paket C atau setara SMU)
Sementara itu, bidang pendidikan yang ditangani oleh PKBM ada bermacam-macam, sebut saja PAUD (pendidikan Anak Usia Dini) yang biasanya didirikan dan dikelola oleh komunitas kecil masyarakat.Selain PAUD ada lembaga-lembaga pendidikan lain yang masuk kedalam istilah PKBM ini, diantaranya apa yang kita bahas diatas yaitu penyelenggaraan ujian persamaan atau penyetaraan ijazah.
Sebagai lembaga pendidikan swadaya, PKBM merupakan lembaga yang dibiayai dan dikelola oleh masyarakat. Dalam hal perizinan, Izin PKBm dikeluarkan oleh pemerintah Tingkat II(Kota/Kabupaten), akan tetapi dalam kegiatan penyelenggaraannya tetap diawasi oleh Dinas pendidikan Nasional yang khusus menangani, sehingga dalam hal kwalitas lulusan tetap mengacu pada standar minimum lulusan yang ytelah ditentukan oleh DInas Pendidikan.

Saat ini PKBM merupakan Lembaga Pendidikan yang semakin banyak diminati. Diantara alasan semakin meningkatnya peminat adalah :

1. Fleksibelitas. Jilka dibandingkan dengan sekolah reguler, peserta belajar PKBM dapat lebih bebas memilih lembaga tempat belajar yang sesuai dengan usia peserta, waktu belajarnya, lingkungan belajarnya, maupun biayanya. Model seperti ini biasanya menjadi pertimbangan utama bagi mereka yang sudah bekerja untuk mendapatkan ijazah pada tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

2. Ijazah. Ijazah yang dikeluarkan oleh PKBM adalah ijazah yang setara dengan derajat pendidikan regulernya. Yang artinya, memiliki kompetensi setara dengan mereka yang menempuh pendidikan pada sekolah umum. Jadi bukan hanya ijazahnya saja, akan tetapi tingkat kemampuan lulusanya pun dapat disejajarkan dengan sekolah reguler.

3. Kurikulum. Diantara keunggulan PKBM adalah dapat merumuskan kurikulum yang diambil dari sekolah-sekolah reguler, kemudian diformulasi dengan muatan-muatan tertentu sehingga menghasilkan kurikulum unggulan yang lebih baik. Contohnya seperti yang dijalankan pada PKBM Mandiri An Nuur Depok.

Kekurangan dari belajar di PKBM
Tidak dapat dipungkiri bahwa gambaran umum tentang PKBM adalah lembaga pendidikan ‘kelas 2’. Belum dapat sepenuhnya hilang. Mereka yang menempuh pendidikan di PKBM seringkali dianggap sebagai orang-orang yang “terpaksa”. Akan tetapi image seperti ini saat ini bukan lagi sebuah masalah, karena saat ini sudah banyak sekali lembaga pendidikan ini yang memiliki keunggulan bahkan mampu menyaingi lembaga pendidikan reguler. Silahkan searching diinternet.

 

Penulis: agusrh

Cuma seorang Anak Betawi kecil dengan cita-cita besar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.