​Depok Place Finder – Aplikasi pencari tempat penting dikota Depok

Depok place finder01

Setelah postingan yang lalu saya memuat tentang jasa Tukang bangunan, yang cuma mengulas sedikit yaitu soal berapa biaya renovasi dikota Depok. Maka pada postingan kali ini saya justru mengulas suatu hal yang berkaitan dengan Kota Depoknya, yaitu sebuah aplikasi yang dipersembahkan oleh Muchamad Jeffri Ardyansyah, putra kota Depok untuk masyarakat kotanya.
Depok adalah sebuah Daerah Tingkat II dari Propinai Jawa Barat yang ada  diperbatasan dengan DKI Jakarta. Kota yang punya sejarah yang panjang dan berliku. Sejarah yang berkaitan dengan budaya dan juga sejarah perjuangan Republik Indonesia.

Dalam perkembangannya sekarang, kota Depok telah melabeli namanya sebagai “The Cyber city”. Nama yang bagi saya penuh dengan gagasan dan harapan. Karena begitu membaca kata cyber city, bayangan saya langaung kearah konsep kota-kota masa depan yang ada di film-film futuristik. Kota yang dipenuhi dengan fasilitas digital, serba otomatis, dan saling terhubung. Jika seperti ini, tentunya kwalitas hidup akan menjadi lebih baik.

Depok place finder02

Nama cyber city bagi saya adalah jawaban dari kota Depok atas perkembangan teknologi informasi yang berkembang saat ini. Walaupun saya tidak tahu pasti alasan nama ini dilontarkan. Bagi saya, sangat pantas jika kota Depok menyematkan cyber city sebagai julukannya.

Beberapa waktu lalu, saya sempat berselancar diinternet dan menemukan sebuah aplikasi yang linknya ada diportal resmi pemerintah kota Depok. Aplikasi ini bernama, Depok Place Finder. Bagi yang lain ini cuma sekedar aplikasi direktori atau peta biasa. Tapi bagi saya ini sangat mengagumkan. Dalam hati saya mengatakan, ini sebagai bentuk keseriusan kota Depok atas klaimnya sebagai Cyber city.

Depok place finder03

Depok Place Finder adalah aplikasi gratis berbasis sistem operasi android smartphone. Aplikasi ini menampilkan beberapa tempat yang ada dikota Depok seperti Mall,  Rumah sakit, dan kantor instansi pemerintah.

Sayangnya aplikasi ini memang masih dalam tahap pengembangan. Disamping aplikasi ini baru dapat berjalan pada sistem operasi android, tempat-tempat yang ditampilkan juga masih jauh dari cukup untuk mewakili makna kota Depok sebagai Cyber city. Karena sebagai kota satelit yang ada diperbatasan dengan Ibukota Negara, Depok adalah kota yang penuh dinamika dalam perkembangan fisik maupun budayanya. Dan sebagai pengguna sekaligus warga kota Depok, tentu saya sangat mengharapkan adanya aplikasi yang dapat membantu saya dalam aktifitas produksi dan keseharian, lebih dari sekedar yang ada pada aplikasi Depok Place Finder.

Mungkin saja, dalam perkembangannya kita bisa menemukan Tukang bangunan dibagian Jasa untuk memperbaiki atap rumah yang rusak, atau membuat garasi didalam aplikasi ini.

Bagi yang ingin mencicipi aplikasi Depok Place Finder, silahkan menuju ke website resmi Pemerintah kota Depok atau download langsung disini.

Harapan saya pada kota Depok tercinta dimasa depan, semoga para aktifis teknologi informasi disini lebih giat lagi mengembangkan aplikasi-aplikasi yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat awam, dan sejalan dengan itu pihak pemerintah kota Depok memberikan dukungan yang serius pada karya mereka. Baik dukungan berupa materi, maupun edukasi. Hal ini akan sejalan dengan konsep kota Depok sebagai The Cyber city.

One thought on “​Depok Place Finder – Aplikasi pencari tempat penting dikota Depok

Tinggalkan Balasan

